Kyai dan Nyai Pengasuh Ponpes Jalani Vaksinasi

0
4

BANTUL – Sebanyak 232 Kyai dan Nyai Pengasuh Pondok Pesantren se-DIY mulai divaksinasi Covid-19 tahap pertama, Rabu (31/3/2021). Mereka dari 200 Pondok Pesantren se wilayah Bantul dan 23 dari luar Bantul atau se DIY. Vaksinasi dilaksanakan di Kompleks PP Al Munawwir Krapyak Panggungharjo Sewon Bantul.

Penyuntikan vaksinasi Covid-19 massal di PP Al Munawwir diawali kepada Pengasuh PP Al Munawwir, KHR Chaidar Muhaimin Afandi atau lebih dikenal dengan panggilan Gus Kendar. Gus Endar mengaku senang para pengasuh pondok pesantren mendapatkan giliran vaksinasi. “Saya percaya vaksin ini halal dan aman, karena sudah mendapatkan rekomendasi dari MUI,” jelasnya. Saat jarum suntik ditusukkan ke lengan kiri, Gus Endar malah tertawa kecil sambil bilang “mboten sakit ngenten kok”.

Vaksinasi yang dilakukan Dinas Kesehatan Bantul ini disaksikan Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih. Kader NU menjabat sebagai orang nomor satu di Kabupaten Bantul ini mengatakan, vaksinasi tersebut merupakan upaya Pemkab Bantul dalam pencegahan pengembangan pandemi Covid-19 terhadap warga rentan penularan Covid-19. “Salah satunya yakni Kyai dan Nyai Pengasuh Pondok Pesantren yang setiap hari mengasuh santri, mengisi pengajian di luar pondok dan lainnya,” ungkap jebolan universitas Mesir ini.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi, dalam pelaksanaan vaksinasi 232 pengasuh pondok se Bantul ini belum semua pengasuh terjangkau, sehingga masih harus dilakukan secara bertahap. Sesuai dengan droping vasin.

Vaksinasi di lingkungan pondok pesantren ini juga belum menjangkau para santri yang jumlahnya bisa ribuan. ”Tetapi kami akan berupaya melakukan vaksinasi kepada semua komponen masyarakat, terutama masyarakat yang rentan penularan,” papar Kepala Dinkes Bantul Agus Budi Raharja SKM, MKes. (H Diman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here