Kiai Syakir Rois Syuriah, Sidiq Ketua Tanfidziyah

0
4

SLEMAN – Drs KH M Syakir Ali MSi terpilih menjadi Rois Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul ‘Ulama (PCNU) Kabupaten Sleman masa khidmad 2021-2026. Sedang H Sidiq Pramono SAg MSi terpilih menjadi Ketua Tanfidziyah. Pemilihan berlangsung dalam Konferensi Cabang (Konfercab) di Ponpes Sunan Pandanaran Candi Ngaglik Sleman, Minggu (28/3/2021).

Sesuai Ad/ART dan diatur dalam Tata tertib, pemilihan Rois Syuriah dilakukan dengan mekanisme Ahlul Halli Wal ‘Aqdi (AHWA). Peserta konferensi memilih lima anggota AHWA, yaitu Drs KH M Syakir Ali MSi, KH M Hasyim, KH Abdullaah Hadziq, KH Muhamad Labib, dan KH Fahmi Basa LC. Kelimanya lantas bermusyawarah dan akhirnya menyepakati KH Syakir Ali sebagai Rois Syuriah.

Sedang pemilihan Ketua tanfidziyah diawali penjaringan bakal calon. Pada tahap ini muncul 3 nama, KH Muslih Muchtar (9 dukungan, H Sidiq Pramono SAg MSi (8 dukungan) dan KH Saliman (1 dukungan). Karena sesuai tatib minimal 5 dukungan, yang bisa melanjutkan tahap berikutnya 2 calon setelah mendapat persetujuan dari Rois terpilih, yaitu KH Muslih Muchtar dan H Sidiq Pramono SAg MSi.

Pemilihan pada tahap kedua ini cukup alot dan sedikit tegang, karena dua kali pemungutan suara, perolehan KH Muslih Muchtar dan H Sidiq Pramono SAg MSi sama, masing-masing meraih 9 suara. Akhirnya Pimpinan sidang, KH Fahmy Akbar Idries (Wakil Ketua PWNU DIY) bersama Rois Syuriah PWNU, KH Mas’ud Masduqi bermusyawarah kemudian sepakat menggunakan sistem undian.

Dua kertas ditulisi nomor satu dan nomor dua, untuk menentukan siapa yang akan mengambil lebih dulu dari sepuluh kertas secara bergantian.
Sepuluh kertas undian salah satunya tertulis KETUA dan yang sembilan kosong, kedua calon bergiliran mengambil dan siapa yang mendapat kertas bertulis KETUA maka dialah yang terpilih menjadi Ketua Tanfidzh. Kiai Muslih Muchtar mendapat giliran pertama

Kiai Muslih Muchtar mendapat giliran pertama untuk mengambil undian, dan setelah secara bergantian 7 kertas belum muncul juga kertas yang bertuliskan Ketua, suasana meski khidmat dan tenang namun cukup menegangkan. Dan baru pada kertas ke delapan yang diambil H. Sidiq Pranomo, S.Ag, M.Si mendapat kertas yang bertuliskan Ketua, ketegangan dan suasana hening akhirnya pecah dengan sedikit keriuhan H.Sidiq Pramono, S.Ag, M.Si di putuskan Sah menjadi Ketua Tanfidziyah terpilih periode 2021-2026.

Kedua calon saling berangkulan dan peserta konfercab akhirnya mencair kembali, alhamdulilkah siapapun yang terpilih dengan proses dan mekanisme yang penuh dengan persatuan, keadaban dan saling menghormati dan menghargai pastilah kader terbaik dan semoga mampu memenuhi harapan jamaah warga NU, membawa jamiyah semakin maju dan berkembang. (Abd Muiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here